AKU KENA TIPU SENILAI Rp. 4 MILIAR ?!

Kemarin waktu sepedahan di daerah Cibinong-Bogor, tiba-tiba aku menemukan amplop bersampul coklat di tengah jalan.

Awalnya aku penasaran dan mau mengambil amplop itu, tapi ga jadi deh karna amplop itu ada tulisan "DOKUMEN PENTING". So, aku lewati saja.

Setelah 20 meter dari penemuan Dokumen Penting itu, tiba-tiba aku menemukan amplop lagi dengan bentuk yang sama persis.

kali ini aku putuskan untuk mengambil amplop itu. Aku liat-liat sebentar sampul amplopnya lalu aku melanjutkan perjalanan.
Setelah berjalan kira-kira 10 meter, tiba-tiba aku nemu amplop lagi dengan bentuk yang sama persis seperti Dokumen penting yang pertama dan yang kedua.

WTF !! mana ada Dokumen Penting Jatoh ampe tiga kali berturut-turut. aku langsung optimis kalo ini modus penipuan.

sesampenya dirumah, aku  buka tuh Dokumen Penting. Isinya ada Surat Tanah, Surat Izin Usaha, sama Cek Senilai 4.500.000.000, wow kaya mendadak aku.



karna penasaran akhirnya aku baca-baca isi Dokumen Penting itu , semakin lama di baca semakin ngaco aja isinya. Sudah ketebak ini pasti modus penipuan. Ada aja ya orang yang ngurusin kerjaan kayak gini.

Rasa penasaran aku ga berakhir sampe disitu. Akhirnya aku memutuskan untuk bertanya ke si Mbah terkait modus penipuan ini.

Ternyata pernah ada orang yang mencoba mencari tahu modus penipuan seperti ini, kira-kira kayak gini kejadianya :


___________________________


Suatu ketika ada seorang penyelidik yang menyamar sebagai korban,  lalu ia menelepon ke salah satu nomor HP yang tertera di dokumen rahasia tersebut, nomornya yaitu 081219340008.

Tidak beberapa lama panggilanyapun diangkat, saat itu yang menjawab bernama Toni Hermawan (si penipu).

Setelah bernegosiasi, akhirnya Sang penipu akan membayar uang sejumlah Rp 120 juta jika si korban mau mengembalikan dokumen rahasia tersebut.

Sang penipu juga menjanjikan akan memberi uang muka sebesar Rp 20 juta melalui transfer ATM dan secepatnya akan memberikan imbalan sesuai janji senilai Rp 120 juta.

Setelah itu si penipu meminta nomor rekening dan menyuruh korban untuk segera ke ATM terdekat. Dalam percapakan itu, si penipu mewanti-wanti untuk mendatangi ATM yang jauh dari keramaian dan tidak memberitahukan kepada orang lain.

Penipu dalam melancarkan aksinya tidak sendiri, ketika itu penipu mengatakan bahwa yang akan mentransfer adalah staff bendaharanya.

lalu si korban diminta untuk memilih menu dengan bahasa Inggris. Kemudian diminta untuk memasukan nomor PIN kartu ATM, setelah itu diminta untuk menekan tombol cross cek, kemudian sang penipu menanyakan tulisan yang muncul dimesin ATM.

Sampai pada menu cross cek, si penyelidik kemudian membocorkan rahasia bahwa ini adalah aksinya untuk menyelidiki si penipu.

Seketika itu juga si penipu menutup teleponya. Si penipu merasa kesal karna ia telah di tipu.

Penipu ditipu ? waw -_-"
___________________________

Sebenernya aksi penipuan dengan gaya seperti ini dan 'gaya-gaya' yang lainya sudah sering terjadi di berbagai daerah, saat ini si penipu juga sudah merambah kemana-mana.

Ngeri banget kan ?

Jadi, kalo kita nemu surat-surat gajebo kayak gini jangan langsung tergiur sama nominal duitnya yah, ada baiknya di cek dulu, terus Bakar, kemudian minum !!

jangan ampe ada orang awam yang kena tipu sama "Dokumen Penting yang ternyata tidak penting ini".

oke sekian dari aku semoga bermanfaat. Mohon di sebarkan yah, Insya Allah jadi ladang pahala :) Sory Judulnya aga lebay haha -

59 comments:

  1. semakin pintar saja para penipu sekarang........., terima kasih infonya mas...

    ReplyDelete
  2. ditahun 2016 ini banyak sekali modus modus penipuan, seperti lewat sms lah, atau seperti amplop segala. jadi harus lebih berhati hati lagi.. harus lebih teliti :)

    ReplyDelete
  3. Aku juga pernah nemu, pas aku telpon dia ngakunya khairul anwar, nama kecenya khairulleon, dia janji akan bayar dengan setengah kilo telor ayam kalau aku kembaliin celananya..
    Eh, kamu tadi post nemu celana kan?!
    gue bener gk sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gila lo sekalinya komentar amburadul amat -_-"

      Delete
  4. Super sekali. Sekarang jaman semakin edan. Nyari pekerjaan haram sampai segitunya. Hmmm... semoga banyak yang tahu modus penipuan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai ditiru ya mas haris L Hakim :D

      Delete
  5. Kudu tetap waspada ya. Ujung-ujungnya penipuan, uhuksss...
    Jangan lupa mampir di www.awanhero.com ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog baru awan heronya udah makiin keren aja teh ehem

      Delete
  6. main kesini penipu itu makin pintar saja, terkadang tak terlihat kalau dia itu seorang penipu. Jdi harus hati2..
    thx infonya mas Khairul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooke masama moga bermanfaat yah.
      silahkan ditiru,
      *loh

      Delete
  7. Modus lama tapi masih digunakan. Ditempaku sudah tidak jamannnya lagi modus seperti itu. Kuno katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya yang saya maksud 'kemarin' disini adalah kemarin tahun lalu haha :v

      Delete
  8. Aduuhhh jadi keidean... Hahaha. Ini agak mirip dgn tipuan duit seceng yg diiket tali trus klo ado yg ngambil talinya ditarik trus orgnya diketawain.. Kyknya waktu kcil tukang tipu doyannya main kyk gitu.. Hahaha.
    Duh jgn smpe kita kena tipu ya. Mkasih infonya, dipi blm pernah tau ada modus bgitu soalnya. Leon jg yg soleh ya... #ujug2nasehatin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih nasihatnya teh dipi haha .
      Jangan ditiru teh.
      Teteh juga haru ssholehah

      Delete
    2. Dipi ga pernah kena tipu sih. Mgkin krn pada dasarnya orangnya ga gampang percaya. Klo dulu iya, liat orang tu kyk yg bener terus, polos bgt ya dulu.. Hahaha. Kalo ditipu mantan pernah tuh... Hahaha... Rugi perasaan doang.
      Sekarang jaman akidah makin tipis, kehidupan sulit, orang bnyak yg tergoda potong kompas dapet duit ga pake usaha.

      Delete
  9. Dari tulisan depan amplopnya aja udah gak meyakinkan, tulisannya 'DOCUMEN PENTING", gak jelas itu mau pake bahasa inggris ato bahasa Indonesia, Document atau dokumen. Hahaha

    tapi kayaknya di tempat gue mulai ada, soalnya kemaren ada temen yang ngepost di facebooknya punya cek 1M sambil syukur-syukur dia. Haha gila ya emang cara nipu zaman sekarang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah aku juga mikir gitu.
      yang buat amplop itu ko ga intelekbanget ya haha

      Delete
  10. Wanjer baru tau gue modus penipuan pake dokumen rahasia gini. Untungnya pas nemu dokumen 1-2 lo abaikan, pas nemu yg ke-3 ya jelas mencurigakan. Tapi ujung2nya modus penipuan ini selalu sama ya. Dibawa ke atm, ntar sang penipu bakal ngasih kode tertentu dan voila, duit atm kita hilang!

    Kakak gue pernah hampir kena sih, tapi umpannya menang undian, karena tau ini tipuan ya sama... kakak gue sok2 nurut padahal mau bongkar triknya penipu, di akhir telepon itu penipu dimaki maki sama kakak gue :))

    ReplyDelete
  11. Saat ini penipuan memakai berbagai macam cara ya maz, kita harus tetep waspada terhadap penipuan

    Regards
    Budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ,,
      dan yang terpenting jangan ditiru ya mas ehem

      Delete
  12. jadi ke inget 1 tahun lalu ada yang sebarin modus ini di facebook. semakin hari maling / penipu semakin bisa memikirkan bagaimana untuk beraksi, tapi semoga ini menjadi pelajaran untuk kita, jangan terlalu percaya dengan ini, kalau nemu surat berharga lebih baik lapor polisi aja, jangan bertindak sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru aku malas kalau berurusan sama polisi ka.
      malah makin direpotkan *ehem

      Delete
  13. modus penipuan ada bae ya modusnya ckckck, skrg pake dokumen rahasia segala lagi. keep waspada teman. btw, potonya gak jelas yon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sengaja di blur agar supaya tidak ada yang mencontek dokumen serupa sehingga tidak ada lagi kejahatan dimuka bumi ..

      Delete
  14. Saya kira dokumen pentingnya itu soal soal un tahun 2020 ternyata bukan
    .
    Wih keren y penupi tapi ditipu
    Itu artinya sipenipu belum menguasai jurus penipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini komentarnya anak Pandai nih.
      selalu teringat akan UN :)
      Ntap Joss

      Delete
  15. Kok gue juga ketipu sama judul ini bg Leon??? Lah, gue aja sampe penasaran pengen ngeklik link ini, tapi tiba2 hati gue terketuk. Nggak mungkin.... XD

    Ternyata bener. Judulnya sangat luar biasa bg.. XD

    Meodus kek gini makin canggih menurut gue. Kalo dari pengalaman sendiri, gue paling sering sih, lewat telepon yang menyatakan gue menang hadiah. Dan udah berkali2 gue save penipu semacam ini. Iya. Jadi, selama dia telepon, gue save terus percakapan gue dengan orang ini. Dan, kalo dikoleksi, udah ada 3 suara yang begitu. XD

    Gue mah, kalo misalnya Operator Telepon, pasti pake nomor telepon. Ada-ada aja, ya bg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. postingan aku kali ini kayaknya banyak banget unsur penipuanya ya pange.
      dari judul ampe isi semuanya menipu *ehem.

      Aku juga sering dapet undian mobil pange.
      Aku suda bilang berkali-kali supaya hadiahku di infaqin aja ke anak yatim tapi dianya ga mau :(

      Delete
  16. Gue juga sempet baca artikel tentang modus dokumen penting gitu di internet, bener-bener meresahakan bagi orang orang naif. Tapi sejauh ini gue paling sering ditipunya dapet hadiah karena isi pulsa telkomsel mulu dikirimin duit dan nyuruh gue ngecek atm mencet segala macem tapi nggak gue kerjain, gak ada waktu.

    Semoga orang orang yang suka modus macem gini di pindahin ke korut biar di ledakin kepalanya sama kim jong un :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jadi melebar gini ya pembahasanya ampe bawa bawa opppa kim jong uns ..

      oke, mari kita ledakkan !

      Delete
  17. Judul kamu benar-benar luar biasa yaa wkwk.

    Tapi aneh juga sih kalau dalam jarak yang dekat bisa ketemu dokumen penting lagi, gitu, udah pasti curiga harusnya. Dan ternyata benar, itu memang modus penipuan.

    Ah, aku jadi ngakak pas penyelidik berhasil menipu penipu itu. Kita memang harus waspada yaa sama modus-modus semacam itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga rencananya mau menipu penipu yang sering kasih hadiah undian mobil lewat sms itu loh :)

      Delete
    2. Haha, yuk cobain aja, ntar kalau berhasil menipu, share ceritamu di blog sini wkwk. Tapi hati-hati yaa.

      Delete
  18. Harus lebih hati hati lagi , zaman sekarang . Modal dusta peipu sudah merajalela di tanah air tercinta ini . Hemm ... .

    Banyak cara memang yag dilakukan para penipu untuk menipu orang lain . Untuk itu , makanya kita disarankan untuk tidak cepat "tergiur" apalagi dengan barang yang ditemukan dijalan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo nemu barang dijalan yang nominalnya ga gede gede amat biasanya aku ambil buat koleksi :)

      Delete
    2. wah buat koleksi ? hemm ... agak unik juga ya cara lo mas. ha ha ha .

      Delete
  19. Pernah juga saya menemukan beberapa amplop serupa saat pulang jalan kaki malam2, isinya sama semua berupa dokumen2 penting dan saya tahu ini modus penipuan makanya setelah saya baca langsung saya buang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya jangan di buang mang.
      di DOkumentasikan dulu buat ngeblog haha

      Delete
  20. Wadaw, gue kaget lo kenapa tipu beneran, 4 miliran lagi....ternyata lo cerita tentang modus penipuan. Lol

    Yha.......zaman modern ini memang semuanya akan semakin canggih, termasuk juga perampok. Bank juga telah menyediakan keamanan yang berusaha maksimal. Tinggal kitanya aja, klo kita cerdas nggk akan ketipu. Klo bodoh, iya.....tanggung sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi secara tidak langsung kamu ketipu dengan postingan saya ,.
      selamat ya :)

      Delete
  21. Gile, niat banget ya nipunya. Jaman sekarang segitu susahnya kah cari uang, sampe orang rela menghalalkan berbagai cara untuk menipu orang lain? Atau jangan-jangan memang karena kita malas berusaha aja, makanya otaknya selalu mencari jalan pintas?

    Untung lu ga ketipu dan thank you juga lu udah share cerita ini. Kalo suatu hari gua nemuin dokumen penting kayak gini, gua udah tau harus ngapain wkwk

    ReplyDelete
  22. :3 yaaah makin waspada aja. dulu gue parnah hampir ketipu dapet mobil dari vocer, gue kira beneran karena vocernya ada di dalam kemasan makanan.

    Tapi dimintai duit, hampir jual motor :3 tapi setelah di selidiki nyokap gue ternyata its HOAX

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pernah dapet mobil dari ciki tapi

      Delete
  23. Asik ya kalo semua orang bisa pintar dan ga gampang ketipu. Saya juga pernah mau ditipu via telepon, akhirnya saya rekam, trus masukin di blog hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah haha ,,
      mau linknya rekaman penipunya dong mass :)

      Delete
  24. BAHKAN PENIPU BISA DITIPU JUGA....DASAR PENIPU GK BERMODAL!!!

    Ada2 saja ya modus dan gaya penipuan jaman sekarang...gaya penipuan di perbanyak...gaya kamasutra tuh dpelajarin..brguna bagi kepuasan diri sndiri.

    ReplyDelete
  25. hahaha Penipu kena tipu... mantap kali....
    Kalo benetan dapet 4M... kira2 aku bakalan ditraktir gak ya ...

    kalo ampe gak ditraktir aku samperin ke cimaglid tamansari yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha salah nulisnya,
      *Cimanglid ..

      Delete
    2. Ya pokoknya ke Yayasan Islam Al-Huda lah...

      Delete
  26. Yup.. gue merasa tertipu ..kenapa?
    karena dibalik cerita ada ajakan menyakiti diri sendiri..
    .. ini loh :
    .."di cek dulu, terus Bakar, kemudian minum !!"

    ini bahaya tauk..kalo sampe ada yang praktekin gimana?

    kkkkkkkkkkkk aniway terima kasih inpormasihnya de'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sampe ada yang minum yaaaaa aku ucapin selamat aja deh ahaha :D

      Delete
  27. etdaaaah serius ini cerita? ku ingin ngakak. tapi benar-benar penipuan itu udah nggak asing di pandangan kita. harus selalu waspada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ditipu ko kamu ngakak,
      aku jadi syedih :(

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search