KOMUNIKASI SEMAKIN MUDAH DAN MENYENANGKAN BERSAMA CATFIZ | KHAIRULLEON.COM

KOMUNIKASI SEMAKIN MUDAH DAN MENYENANGKAN BERSAMA CATFIZ

Diera digital seperti saat ini,  smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap individu. Tidak hanya sebagai alat komunikasi tapi juga menjadi penunjang aktifitas sehari-hari.
Telepon pintar yang kita genggam saat ini telah memberikan banyak sekali kemudahan, salah satunya yaitu dengan hadirnya aplikasi chatting atau instant messenger yang dapat mempermudah proses berkirim pesan.
Dari sekian banyak aplikasi chatting yang kita kenal, terdapat salah satu aplikasi chatting buatan anak bangsa yang tidak kalah menarik, yaitu Aplikasi Catfiz Messenger.
Catfiz adalah aplikasi chatting atau instant messenger karya anak bangsa yang berlokasi di Surabaya. Aplikasi buatan PT Dunia Catfish Kreatif Media ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 10 November 2012. Hingga saat ini, Catfiz sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dari berbagai negara.
Catfiz sendiri diambil dari bahasa Inggris catfish yang berarti Ikan Lele. Pemilihan lele sebagai simbol aplikasi ini tentu tidak asal pilih.
Menurut sejarahnya, nama Catfiz diambil ketika para founder Catfiz sedang melakukan diskusi di dekat kolam lele. Saat itu, kolam lele dijadikan sebagai sumber inspirasi.
Filosofi kehidupan lele yang mudah beradaptasi, mudah berkembang biak dan disukai oleh lapisan masyarakat menjadi cikal bakal penamaan Catfiz seperti yang kita kenal saat ini.*

Berikut ini saya akan menceritakan pengalaman saya bersama Catfiz dari mulai pengunduhan sampai setia menggunakannya hingga saat ini. Saya juga akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Aplikasi Catfiz serta memanfaatkan fitur-fitur unggulan yang ada didalamnya.

Aplikasi Messenger Catfiz ini dapat dengan mudah di download secara gratis disini atau melalui google play dengan keyword 'Catfiz Messenger'. Instal aplikasi Catfiz dan tunggu beberapa saat hingga proses download selesai.
Ukuran aplikasi ini terbilang kecil, hanya sekitar 5 MB, sehingga terkesan ringan dan tidak lag ketika dijalankan.
Walaupun begitu, aplikasi Catfiz memiliki beragam fitur yang menarik dan mudah digunakan. Bahkan aplikasi ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh instan messenger lain.
Setelah selesai mengunduh aplikasi Catfiz, selanjutnya adalah melakukan registrasi. Pertama-tama buka aplikasi Catfiz yang sudah terinstal, lalu masukkan nomor telepon yang digunakan untuk menerima pesan kode verifikasi, setelah itu Masukan 6 digit kode verifikasi (biasanya kode ini akan secara otomatis terisi setelah kode verifikasi terkirim ke nomor handphone).

Setelah berhasil melakukan registrasi, kita akan diarahkan ke halaman pengaturan profil. Atur profil dengan menambahkan photo, nama tampilan dan username yang di inginkan, lalu pilih jenis kelamin dan klik done. Nah, sekarang kita sudah resmi menjadi Catfizer.
Setelah melakukan pendaftaran, tentu hal pertama yang akan kita lakukan adalah menambah pertemanan. Untuk bisa berinteraksi dengan pengguna Catfiz lainya, kita dapat menambahkan pertemanan melalui beberapa cara, yaitu :

1. Qr Code. Yaitu menambahkan pertemanan melalui scan NIC (Nomor Identitas Catfiz). Caranya pun tergolong mudah, cukup membuka tab add friend, lalu klik menu Qr Code dan secara otomatis aplikasi akan membuka kamera yang digunakan untuk scan NIC, selanjutnya arahkan kamera ke NIC teman kamu. Kalau sudah fokus dan terbaca maka akan secara otomatis proses scanner berhenti dan kontak baru segera ditambahkan.


2. Nomor Telepon dan username. Selain menggunakan Qr Code, kita juga dapat menambahkan teman dengan memasukkan nomor telepon atau username teman pada kolom pencarian. Selain itu kita juga dapat mengundang teman kita untuk menambahkan pertemanan melalui menu Invite.


Untuk mengetahui NIC (Nomor Identitas Catfiz) pengguna Catfiz, kita cukup membuka profile Catfiz, lalu pilih icon kotak yang berada di atas layar, selanjutnya akan muncul QR Code dan Nomor Identitas Catfiz.
Selengkpnya dapat dilihat pada gambar berikut ini :


Selain menampilakan NIC pada smartphone, kita juga dapat melihatnya melalui versi Web. Sebagai contoh, saya akan menampilkan profil NIC saya di PC/komputer dengan mengetik www.user.catfiz.com/khairulleon di Tab URL. Setelah itu link akan dialihkan menuju halaman profil NIC saya.



Kalian juga bisa melihat NIC kalian dengan mengubah link URL sesuai Username yang kalian inginkan.
Catfiz Messenger memiliki beragam fitur menarik yang dapat kita gunakan, selain melakukan instan messaging, kita juga dapat berinteraksi layaknya sosial media, melakukan streaming multimedia, dapat menyimpan file berukuran besar di layanan cloud storage dan masih banyak lagi.



Catfiz Messenger merupakan aplikasi Chatting yang dibangun dengan prioritas keamanan yang tinggi, hal ini dilakukan untuk melindungi privasi para penggunanya.
Catfiz messanger hanya dapat berbagi konten dengan orang yang di kenal. Sehingga para catfizer tidak perlu khawatir dengan konten yang di share. 
Personal Message merupakan fitur utama yang akan sering digunakan, disinilah para catfizer dapat mengirim pesan secara personal.

Selain mengirim teks, kita juga dapat menyisipkan foto, video, audio hingga mengirim file secara cepat. Bahkan Chat Catfiz ini menyediakan beragam emotion dan stiker unik yang dapat kita sisipkan agar obrolan menjadi semakin seru.

Adapun stiker kesukaan saya yaitu karakter Tirta dan Agni. Terkesan imut dan Indonesia banget.



Broadcast message merupakan fitur siaran pesan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan secara langsung ke semua kontak atau beberapa kontak yang dipilih. Jadi, melalui broadcast message ini kita tidak perlu mengirim pesan satu persatu kesetiap kontak.

Broadcast message pada Catfiz dapat dimanfaatkan untuk mengirim pesan dengan skala besar dalam waktu yang relatif singkat. Cukup sekali klik, pesan yang kita sampaikan sudah terkirim ke banyak kontak.

Cara mengirim Broadcast Message pun sangat mudah, cukup menekan tanda tambah (+) berwarna biru yang ada di bagian bawah tab chat, lalu pilih New Broadcast, setelah itu pilih semua kontak atau beberapa kontak yang diinginkan lalu tulis pesan Broadcast yang ingin disampaikan, jika sudah selesai tekan tanda kirim.

Selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut ini :





Selain personal message, Catfiz juga menyediakan group messages yang dapat gunakan untuk melakukan komunikasi antar sesama pengguna Catfiz dalam jumlah besar, seperti teman sekelas, komunitas, organisasi, group kantor dan lain-lain.
Hebatnya lagi, group Catfiz dapat menampung hingga 2000 member. Fantastis bukan ?
Cara membuat group di Catfiz Messenger

Pada tab Updates, kita dapat melakukan interaksi sosial seperti halnya sosial media. Pada fitur ini kita dapat melihat berbagai kiriman dari teman-teman kita seperti update status, foto profil, ataupun link. kita juga dapat memberikan like, komentar dan kutipan pada postingan yang mereka buat, menarik bukan ?



Saat ini Catfiz memiliki fitur Fizzlink yang dapat menyimpan data atau file dengan kapasitas yang besar.

Pada fitur ini kita dapat menyimpan berbagai macam file seperti foto, video, suara, ataupun file lainya hingga 500MB.
Keuntungan menyimpan file di Fizzlink adalah kita tidak perlu berulang-ulang mengunduh file yang sama untuk di bagikan. Cukup uploud sekali dapat kita share berkali-kali. Secara tidak langsung fitur ini dapat menghemat waktu dan quota internet.
Saat ini, fitur Fizzlink saya gunakan untuk menyimpan foto-foto produk online shop saya. Sehingga disaat saya ingin melakukan promosi produk kepada para pelanggan, saya tidak perlu menguploud ulang foto produk yang akan saya promosikan. cukup membuka Fizzlink lalu bagikan.

Bahkan disaat ada konsumen yang meminta dikirimkan sampel gambar produk lewat Personal Messages, saya tidak perlu mencarinya di galeri Handphone dan menguploud ulang. Saya cukup membuka file di Fizzlink lalu kirim. Mudah bukan ?







Fitur yang paling asyik dari Catfiz yaitu fasilitas streaming, yaitu ketika seseorang mengirimkan pesan file berupa audio ataupun video, saya dapat langsung memutar file tersebut tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Namun, Catfiz juga menyediakan tombol download jika ingin tetap mengunduhnya.



Nah, Itulah fitur-fitur unggulan Catfiz yang sering saya gunakan. Dengan menggunakan Aplikasi Catfiz, komunikasi saya bersama orang-orang terdekat menjadi lebih mudah dan menyenangkan.



Termakasih sudah membaca ceritaku bersama Catfiz.
Yuk kita dukung aplikasi Catfiz!. Sudah saatnya kita berbangga dengan karya anak bangsa yang mendunia.



*Sumber: blog.catfiz.com
pengalaman catfizku

45 comments

Wah mantep keren banget flashnya... Ajarin dong....

Sang juara muncul kepermukaan nih!...

Reply

Ini yah yg katanya sosial media buatan orang indonesia? Kren sih, logonya juga elegan.

Gmbarnya gerak2 gtu, keren! anak DKv emng juara nih, bkin2 dsain

Reply

Aku belum donlot catfiz. Lengkap banget bro Leon, keren tulisannya :)
Gambarnya juga bisa ke sana ke sini. Kasih tutorial dong :)

Reply

Duch karya anak bangsa kok nama nya ke ingris2an sech, kenapa ngak nama nya yang indonesia atau jawa macam rujak cinggur atau tahu campur gitu

Reply

Aku baru tau kalo ada sosial media bernama Catfiz ini. Dilihat dari berbagai fitur yang ada, sepertinya Catfiz akan jadi salah satu sosial media yang menjanjikan. Memanjakan pengguna ini namanya :D

Suka sama review-nya. Bagi yang belum pake kayak aku bisa langsung ngerti, meski baru nyoba :D

Reply

Ulasannya lengkap, dan yang asalnya penasaran dengan aplikasi chatting ini, sekarang jadi makin ingin download deh, catfiz keren dan mantab deh

Reply

Aku jadi bangga nih jadi anak Surabaya. Ternyata arek arek Suroboyo kreatif banget, sampai membuat aplikasi chatting yang luar biasa gini.

Catfiz ini sepertinya memang sudah lengkap banget yaa. Nggak kalah sama aplikasi chatting line atau bbm. bahkan ada stiker, pesan grup, broadcast, penyimpanan, dan lain sebagainya. Kayaknya habis ini aku juga mau download aplikasi catfiz juga deh.

Oh iya, btw, good luck buat lombanya ya, semoga menaang :)

Reply

keren bro, udah macem gabungan WA sama Line aja ya ? hehehe... jadi ini karya asli orang indonesia ? keren banget ya orang Indonesia udah bisa bikin kaya ginian

Reply

btw, di aplikasi ini bisa untuk cari jodoh gak bro?? hehehe
Tapi boleh juga sih aplikasinya, hitung2 nambah temen di dunia maya.. ohh iya sekilas tampilan catfiz hampir mirip seperti l*ne ya :D hehehe

Reply

Ini seperti perpaduan berbagai medsos ya? Namanya Indonesia banget.. Intip-intip di playstore dulu ah ^^

Reply

Sejauh yang gue pahami (karena udah 3x baca konten yg sama), gue jadi mikir satu hal. Tidak adakah karakter yang bisa ditampilkan dari aplikasi ini?.

Karena, dengan Pengetahuan gue yg ya nggak seberapa ini, setiap App Messenger pasti punya karakter yang gak dimiliki oleh Messenger lagi, tapi sayang banget App ini, gue belum nemu hal yang bener-bener mencolok (yang harusnya bisa jadi aset).

APapun itu, karena karya anak banget, gue setuju, sih. Sekaligus bangga Indonesia ternyat sudah sampai sejauh ini. Ya, mudah-mudahan bisa lebih baik kedepannya. AMin...

Reply

Jujur, fitur2 di atas tuh, Wechat udah punya dari dulu. Dan kalo soal streaming multimedia, mending gua uploadnya di Instagra, yg udah jelas jangkauannya lebih luas. Jadi ya gua ga ngerasa ada yg special dari si Catfiz ini. Jaman sekarang udah banyak banget nih aplikasi2 chatting, sebut aja Line, Whatsapp, Beetalk, Wechat, Telegram, dan lain-lain. Kalo si Catfiz ini tidak bisa menyuguhkan sesuatu yg berbeda dari yg lainnya, gua rasa sih kecil kemungkinan untuk bisa bersaing dengan aplikasi2 yg sudah ada sejak lama.

Reply

Wah ada-ada saja ya kemajuan teknologi digital masa kini, sayangnya sy belum punya nih, seringnya masih pakai WA (Whatsap)

Reply

Yapp... aku setuju sama pendapat mas heru arya. Aku belum nemu yang mencolok dari aplikasi ini karna mirip-mirip dengan aplkasi msgr yang lainnya. Aku pun saat ini masih ttp nyaman memakai aplikasi wa ataupun bbm, dan terkadang line.

Karena ini karya anak bangsa, aku bangga banget krn bisa buat aplkasi sejenis, mungkin kalo booming lebih awal bakal byk keuntungan, haha. Cuma ya gimana, teknologi itu bertanding soal waktu, siapa yang duluan dialah yang menjadi pemenang, contohnya kyk bbm, line, wa, dll. Anak bangsa terus semangat, ciptakan hal-hal kreatifnya, dan jangan pantang semangat.

Reply

NAnti mungkin aku bakal bikin postingan tentang animasi animasi gini kali yah ehem

Reply

Loh aku bukan anak DKV haha.

Reply

Ayo segera di downloa yaah,
cari tahu keunggulan keunggulanya :)

Reply

Kenapa yah ?
haha mana tau aku :)

Reply

wah semoga membantu ya teh :)

Reply

ayo kang Download sekarang :D

Reply

Wah amin. Makasih doanya yaa,,

Catfiz memang seperti penggabungan dari berbagai aplikasi chatting messenger, jadi sangat perfek :)

Reply

Iya bang kita patut berbangga :)

Reply

bisa ko nyari jodoh disini.
aku sudah bergabung di beberapa group chatfiz ternyata banyak yang cakepnya juga ko ehem

Reply

Ayo teh Irly intip sekarang juga haha

Reply

Mungkin salah satu karakter Catfiz ada di fizzlink :)

rumornya untuk saat ini Catfiz masih terus melakukan perkembangan supaya lebih baik lagi :D

Kalo ada saran dan masukan bisa loh di kirim ke pihak Catfiznya :)

Reply

Kita doakan saja semoga Catfiz bisa bersaing dan berada di barisan paling depan dalam dunia perChattingan ya :D

Reply

Wah kamu harus membuka wawasan kamu dalam menggunakan aplikasi Chatting nih haha :D

Reply

Wah kita doakan saja semoga Catfiz karya anak bangsa ini bisa jadi pememangnya ya teh, mengalahkan semua aplikasi Chatting yang ada di muka bumi :)

Reply

Saatnya anak bangsa unjuk gigi, jangan hanya bisa unjuk rasa aja ya mas, hehe...

Keren aplikasi catfish-nya, punya banyak fitur unggulan.. gak kalah sama pengembang dari luar negeri..

Sukses selalu, bangga jadi orang Indonesia!

Reply

Sama mas aku juga bangga :)

Reply

unjuk gigi gundulmu....

Reply

baru tahu mas aplikasi Catfiz ....saya suka Ikan Lele lho...

Reply

Baru lihat logonya aja udah keliatan profesional banget. Simple, elegan. Fiturnya juga keren banget bang. Aduh, nggak bisa berkata-kata lagi. Pengen download, tapi hp gue udah penuh. Ya tau sih cuman 5MB. Tapi hp tetep zonk, RAM cuman 512MB sih. Ditambah lagi belum banyak temen yang pake Catfiz, rata-rata masih betah Whatsapp. Entar kalo udah punya hp yang mumpuni, saya download. Pemuda Indonesia memang Hebat!!

Reply

Saya juga uska ikan lele tapi lebi suka ayam goreng gimana dong ?

Reply

wah semoga bisa cepet dapet android yang bagus yaaaa :)
nanti langsung download Catfiz oke :)

Reply

Bangga ya ada aplikasi buatan Indonesia. Smoga mereka bisa terus mngembangkannya mnjadi aplikasi per chattingan yg uniqueness, soalnya kompetitornya bejibun. Sementara ini fiturnya blm ada yg benar2 bs mngungguli aplikasi lain.
Tapi langkah ini hrs diapresiasi agar makin semangat utk berkarya.
Nah, misalnya dipi install ni app, ntar dipakenya sama siapa... Sejauh ini temen2 ga ada yg pake. Paling temenan sama leon ya... Hahaha.
Paling kitanya yg rajin ajakin org pake app ini atas nama dukungan kita pada karya bangsa. Kayak kakaotalknya korea. Orang2 korea kenalannya dipi make tu applikasi itu dgn setia... Bener2 ngedukung ciptaan bangsanya

Reply

Iya teh Dipi betul sekali.
CAtfiz memang harus lebih gencar lagi promosinya supaya banyak yang tahu dan banyak yang pakai.

kalo teh Dipi berkenan yuk ah di sebarkan juga aplikasi Catfiz ke teman-teman Teh Dipi *ehem

Reply

Ini yang wajib dites nih..ya kan Mas Leon..hheee

Reply
This comment has been removed by the author.

Fardu 'ain teh hukumnya ehem

Reply

Aku udah lama pake apps ini, dan udah nem banyak temen :D

BTW, selamat Kak.. Postingannya emang berkualitas bangets! :D

Reply

Yakin ga ada yg mencolok?

Ada kah app chat bahkan email yg bisa share up to 500MB sekali kirim per file?
Kecuali pake dropbox dan ataupun yg banyak dipake g.drive .. atau media share lain dimana clouds nya terpisah dgn aplikasi . Sedangkan catfiz ada di dalam nya .

Catfiz gabungan fitur beberapa sosial media . Ya resources di Indonesia sendiri you know lah .. sedikit dr pemerintah yg nyokong in dana ..

Lebih detail gmn catfiz berkembak cek baca di catfiz.id aja deh dari pada cuman dr Artikel blog yg kalian tau hanya tutorial pemakaiannya ..

Klo gga bisa dukung . Se tidaknya jgn judge negatif ya .

Salam Pejuang Produk Lokal

Reply

Moso sih . Brpa taun .. 😪😪

Reply
This comment has been removed by the author.

Aplikasinya sangat bagus

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari kota hujan.
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

VLOG TERBAIK MINGGU INI, TONTON KAK !