HARI TANPA BRA (NO BRA DAY), HARI MACAM APA ITU ?



















Sebelumnya saya mau minta maaf karna akan menulis banyak kata ’Bra’ dalam postingan ini. Maaf kalau terlalu vulgar. Ma’af juga kalau saya terlalu sotoy membahas bra. Pokoknya maaf :)
_______________

Pagi ini saya dihebohkan dengan hestek di twitter tentang #NoBraDay.

Kalau kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia No Bra Day berarti Hari Tanpa Bra. Ya, ternyata hari ini bukan hari kamis, tetapi hari tanpa bra.

Hmmm.

Karna penasaran, sayapun mencoba mencari tahu tentang Hari Tanpa Bra. ko bisa-bisanya seonggok Bra di berikan hari khusus untuk di rayakan ?

Mari kita cari tahu bersama-sama.
(Buat yang sudah tahu pura-pura belum tahu aja ya)

No Bra Day adalah hari dimana seseorang tidak memakai Bra selama seharian penuh. Secara tidak langsung saya juga turut merayakan ‘No bra day’, karna hari ini saya tidak memakai Bra.

No Bra Day diperingati setiap tanggal 13 Oktober, walaupun ada yang menyebutkan bahwa No Bra Day diperingati setiap tanggal 9 juli, karena tanggal 13 oktober merupakan Bra Day atau hari Bra.

Anda bingung ? sama !


Kalau Begitu, Mari Kita Selidiki Lebih Dalam Lagi.

Asal mula perayaan No Bra Day sebenarnya tidak memiliki sejarah yang jelas. Namun, perayaan ini sudah lama dilakukan oleh orang-orang bule di luar sana.

Menurut beberapa sumber, ‘No Bra Day’ ini diluncurkan oleh seorang ahli bedah plastik yang berpraktek di Toronto, Kanada, Dr Mitchell Brown.

Ia melihat, kesadaran kesehatan payudara wanita telah berkurang beberapa tahun terakhir. sehingga tiga tahun lalu, ia membuat gerakan #nobraday yang gencar di media sosial.

Buktinya hesteg #nobraday jadi trending topik kan ?

Sejak tahun 2011, sekitar 30 negara di seluruh dunia merayakan hari pembebasan payudara alias 'No Bra day'. Untung saja di Indonesia belum terjangkit perayayaan No Bra Day semacam ini *ehem.

Orang-orang bule memang senang sekali yah membuat perkara Bid’ah (hal-hal baru), Seperti fenomena Clown Sighting yang baru-baru ini saya posting.


No Bra Day menuai kontroversi

Hari Tanpa Bra ini selalu menuai kontroversi setiap tahun. Tahun lalu, Situs 36tee5.com menduga `Hari Tanpa Bra` pada 13 Oktober adalah palsu.

"Tidak ada organisasi yang sah yang mendukung kanker payudara `Kami mendukung kesadaran kanker payudara atau penelitian kanker payudara," begitu kata laman tersebut.

Jadi, untuk mendukung kesadaran kanker payudara ga harus merayakan sehari tanpa bra yah.

Oke sip

Tapi, Apa benar Bra berdampak buruk bagi kesehatan ?

Jadi sebuah penelitian selama 15 tahun yang telah dilakukan oleh seorang peneliti asal Prancis bernama Jean-Denis Rouillon menemukan bahwa bra tidak memberikan manfaat apa-apa dan malah berbahaya bagi kesehatan wanita.

Jean-Denis Rouillon adalah seorang profesor dari University of Besançon, Prancis. Selama 15 tahun terakhir dia telah melakukan penelitian terhadap dampak penggunaan bra dengan melibatkan sekitar 300-an orang wanita sebagai subjek penelitiannya.

Beruntung sekali bisa bereksperimen dengan 300 buah dada wanita selama 15 tahun terakhir.

Dalam penelitian itu, sang profesor menemukan bahwa bra tidak memberikan manfaat apapun terhadap wanita baik secara medis, pisiologis ataupun anatomi.

Malahan, menurutnya, pemakaian bra rawan menyebabkan terjadinya nyeri tulang punggung pada wanita. Ia juga mengungkapkan bahwa tanpa menggunakan bra justru akan membuat buah dada wanita menjadi lebih kencang dan mulus. Sumber

Lalu, apa yang harus dilakukan ?

Untuk kamu wahai kaum hawa, tidak perlu khawatir terhadap pemakaian bra, bra memang sudah menjadi kebutuhan kamu setiap hari. Bukan kebutuhanku.

Meskipun demikian, kamu dapat tetap menjaga kesehatan dengan cara-cara sebagai berikut :

1. Tidur tanpa menggunakan bra
2. Ukuran yang sesuai
3. Bra yang sesuai dengan kegiatan

Saya tidak bisa menjelaskan satu persatu pointnya karna saya sama sekali tidak mengerti tentang bra. Jadi silahkan langsung menuju sumbernya disini

Makasih sudah membaca postingan saya tentang bra yang sangat tidak jelas ini, silahkan keluarkan unek-unek kalian di kolom komentar. tapi plis jangan mesum yah *ehem






55 comments:

  1. gue malah setiap hari tanpa bra.. kalaupun pake bra, fix! malah jadi banci..

    ada satu kalimat yg gue garis bawahi ditulisan ini, (Beruntung sekali bisa bereksperimen dengan 300 buah dada wanita selama 15 tahun terakhir.) hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga tidak pakai bra ,teras lebih enak.

      Delete
    2. Terimakasih banyak sudah di garisbawahi ya haha

      Delete
  2. katanya sih, lebih bagus kalau setiap malam, saat tidur nggak pakai bra, biar bisa "bernapas" gitu katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang isi bra...ada lobang hidungnya ya?...kok supaya bisa napas sih...
      tak selidiki kok nggak ketemu sih, lobang nya sebelah mana, coba?

      Delete
    2. Ini lagi ngomongin apa ya ? haha

      Delete
  3. Mungkin di Indonesia belum pantas melaksanakannya, kalo bobo ndak pake bra, masih mendingan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bikin senang isi bar, juga bisa bikin gampang ci Abangnya...kan?

      Delete
  4. Mungkin di Indonesia belum pantas melaksanakannya, kalo bobo ndak pake bra, masih mendingan juga.

    ReplyDelete
  5. Well, cewe gua pernah bilang sama gua bahwa kalo payudara itu kadang butuh dibiarkan tanpa bra, supaya bisa bernafas. Pernah suatu kali waktu gua lagi numpang internetan di kamar dia, dia mau tidur siang, kemudian dia lepas beha nya. Tapi ya gua sih cuek aja, lanjutin Internetan, ga usah liatin punya dia (toh suatu hari juga bisa liat)

    Tapi intinya adalah...yg salah bukan No Bra Day nya, tapi orang2 berpikiran kotor yg make a big deal out of it...
    Suka-suka cewenya aja kali, mau pake atau ga pake Bra

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha udah yakin banget bakal bejodh kakaynya yaa

      Delete
  6. Kalau bukanya dirumah tidak jadi soal.
    Itu kan hari demi menyadarkan wanita akan payudaranya.
    Lihat saja jaman sekaarang ,wanita suka dengan bra yang ketat akan payudarnya naik.
    sah dan sah saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jangan buka bukaan di tengah jalan macem orang orang barat itu ya kang

      Delete
  7. Saya jadi makin tambah bingung. Di satu sisi saya mndapatkan sumber tntang bra itu sebenarnya gk ada hbungan nya dengan kanker payudara. Mksudnya pemakaian bra itu tdak akan menimbulkan kanker payudara sama sekali. Jadi...yah...terserah lah...

    Bgaimanapun betulnya. Saya juga gk bkalan pernah pake bra...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya mengganggu peredaran darah. Mirip dengan pria, kalau tidur dianjurkan untuk tidak pakai celana dalam. Tapi sayang ,tidak ada hari tanpa celana dalam ya ???

      Delete
    2. jadi mulai sekarang kita tida usah pake celana hayu

      Delete
  8. Bohong itu peneliti,niatnya emang pengen liat yang enak2 secara gratis di jalanan sekali stahun
    Mudah2an ga terjadi di indonesia deh,ga kbayang di jalan2an banyak cewe2 tanpa bra,kan pusing pala pejantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. anehnya kenapa aku percaya aja ya sama bapak profesor itu :(

      Delete
  9. Oke hari Ini adalah NoBraDay, Besok gue bikin NoSempakDay deh... Terus Besoknya gue bikin perayaan NoCostumeDay...Mau jadi apa orang2 ini...akaka

    Ada-ada-saja!

    ReplyDelete
  10. :D, kocak ah hari peringatan yg satu ini. Kami dari jajaran pengurus Yayasan Kanker Indonesia Kota Bandung tidak ada satupun yg posting ttg no bra day ini. Yg ada malah mencoba mensosialisasikan SADARI (sadari payudara sendiri), yakni semacam gerakan yg mengajak para wanita bahkan pria (pria jg bs kena kanker payudara) untuk mngerti cara deteksi kanker payudara sendiri di rumah dgn benar.Sejauh yg dipi ketahui, satu2nya jenis kanker yg sdh diketahui dgn jelas penyebabnya cm kanker serviks, sisanya yg lain masih berupa studi berkelanjutan.
    Tapi ttp apreasiasi jg utk bbrp gerakan peduli kanker, bahkan yg nyentrik sekalipun, krn penderita kanker dan keluarganya mmg mngalami episode trauma yg luar biasa, patut kita beri empati. Ada bnyak cara yg bs kita lakukan utk empati yg lbih nyata daripada ga pake bra di hari nobraday, sebab Yayasan Kanker Indonesia kota Bandung sj mbutuhkan bnyak relawan utk mbantu program donasi rumah singgah penderita kanker, sosialiasi program SADARI , share info test IVA, Papsmear dan usg payudara yg murah atau gratis, dan kegiatan2 sosial lainnya.
    Demikian mnurut dipi mngenai nobraday ini... :). Ga pake bra ga terlalu mngubah keadaan, dan rentan diselewengkan mnjadi joke pelecehan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. akhirnya nemu komentar yang sepaham.. bener.. yang perlu lebih ditekankan adalah SADARI itu..

      Delete
    2. Itu yang menjadi bahan penting. Apalagi perawan - perawan sekarang kurang perduli dengan payudaranya sendiri.

      Delete
    3. Anjay teh dipi ternyata pakar banget masalah beginian ya.
      makasih masukanya loh teh.
      Semoga banyak yg peduli kanker,
      peduli terhadap kesehatan :)

      Delete
  11. Secara otomatis berarti aku juga memperingati hari tanpa bra. haha
    Peringatan emang kadang aneh-aneh. Apa-apa diperingati. Mungkin ntar saking banyaknya yang diperingati, dalam satu hari kita bisa memperingati lebih dari satu peringatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat memperingati ya bro ya good luck amin

      Delete
  12. Perkara bra ini lagi-lagi memojokkan kaum perempuan. Dada perempuan jadi objek perbincangan disana-sini. Seolah-olah tak pernah ada habisnya mengkonstruksi tubuh perempuan. Mulai dari heels hingga bulu mata palsu, semua yang melekat pada tubuh perempuan kenapa selalu jadi topik perbincangan ya? Sudah sekuat apa patriarki di masyarakat kita?

    ReplyDelete
  13. No Bra Day sebenernya udah gue lakuin sepanjang gue hidup. Namun di pihak cewek, sering mengabaikan hal yang satu ini.

    Namun terlepas dari itu semua, #NoBraDay sesungguhnya penting bagi wanita. Penting bagi kesehatannya. Namun di negeri kita ini, jarang sekali ya yang melakukan ini...

    ReplyDelete
  14. Hhahaha..bakalan mantef tuh kalau No Bra..hahaaa

    ReplyDelete
  15. Astaga ada2 saja. kalau yang cowok sih memang setiap hari ngerayain hari beginia. kalau yang cewek saya ngak tau kang

    ReplyDelete
  16. Sebenarnya rada kurang paham sih sama hari perayaan yang satu ini. Cuma intinya solidaritas engga harus selalu ditunjukan dalam bentuk yang agak radikal. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali perlu radikal, biar orang lebih paham.

      Delete
  17. hahaaaa... mengkleng, baru tau aku kalo ada hari tanpa bra.
    bereksperimen dengan 300 payudara, mantaapp.
    aku mah gak tau soal beginian, tapi yang jelas baru tau kalau ada hari tanpa bra.

    ReplyDelete
  18. Gue malah takut kalo ngeliat cewek nggak pake bra. Takut dijahatin apalagi kalo lagi ada di ruang terbuka umum. Nggak banyak bicara soal bra deh. Takut.

    ReplyDelete
  19. Asik juga nih bacanya, ngebahas bra soalnya haha
    Btw, itu yang bikin penelitian selama 15 tahun sama bra pasti idupnya sumringah banget ya... Otomatis kan sama isinya juga :D

    Tapi setau gue cewek pada pake bra soalnya takut dadanya melorot gitu. Ternyata malah hasil penelitiannya bra gak ngasih efek apa2 ~

    ReplyDelete
  20. Hihihi, aku malah baru tahu lho :D Jangan lupa mampir di rumah baruku ya bro www.awanhero.com tengkyu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Teh Wahyu aku pasti mampir nanti ehe :)

      Delete
  21. serius aku baca ini ngerasa awkward banget, soalnya........ ah tau mereun
    aku tau no bra day dari mbak jupe deh kalo nggak salah, cuman nggak ngerti faedahnya apaan ada hari itu.
    tapi saran bang khairul ini emang bener lho, sebaiknya kalo tidur jangan dipake karena biar rileks. ukuran yang kecil dari sebenarnya bikin sakit. cuman aku nggak ngerti sih yang poin ketiganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bukan saran aku.
      tapi saran dari web tetangga.
      pkokony aku ga mau ngerti masalah beginian haha

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. "Secara tidak langsung saya juga turut merayakan ‘No bra day’, karna hari ini saya tidak memakai Bra"
    .
    .
    kalo hari ini, pake? :(
    Tapi bener loh ya ga ada gunanya pake bra pas tidur jadi emang sebaiknya ga dipake, terkait apakah bener bisa menyebabkan kanker payudara atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini aku lagi ga pake karna sudah bosyan :)

      Delete
  24. Aku mah gak ngerti apa-apa tentang beha. Tapi yang aku tahu, kalau gak pake beha nanti payudaranya kendor dong? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh gimana ya ?
      gue jadi bingung gini :(

      Delete
  25. setelah baca baca artikel tentang Bra kok saya jadi mikirin isinya yah? :/

    ReplyDelete
  26. Hahaha, baru tahu ternyta ada hari tanpa bra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya sekarang kamu jadi tahu ")

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search