FENOMENA ‘CLOWN SIGHTING’ / PENAMPAKAN BADUT YANG SEDANG HITS DILUAR SANA


Saat mendengar kata badut, mungkin yang ada di benak kita adalah sesosok makhluk dengan kostum unik, bertingkah lucu dan sangat disukai anak-anak.

Namun, ada pula yang berpendapat bahwa badut merupakan sesosok makhluk yang seram dan menakutkan.  Bahkan sampai menimbulkan penyakit fobia terhadap badut atau bahasa gaulnya coulrophobia.

Buat aku sendiri, badut merupakan makhluk yang biasa-biasa aja. Lucu engga, serem juga engga, flat aja gitu. Kecuali badut dajjal yang ada di pertigaan lampu merah, asli itu serem banget. semoga dia ga masuk lagi di youtube rewind 2016 nanti.


Belakangan ini negara-negara bule, terutama Amerika Serikat, sedang dihebohkan dengan fenomena clown sighting atau penampakan badut yang sangat menyeramkan. Dan hal ini cukup membuat warga menjadi resah.

Mungkin karna memasuki bulan oktober yang identik dengan perayaan hallowen, unsur-unsur horrorpun langsung naik daun. So, Para  clown pun tidak ingin ketinggalan untuk merayakan kehororran ini. Salah satu caranya yaitu turun ke jalan-jalan untuk menakut-nakuti warga.

Alhasil, Karna ulah para clown ini, para bule banyak yang lari terbirit-birit karna dikejar clown. Bahkan ada yang sampai menjerit-jerit saking takutnya. Sebenernya antara lucu dan serem sih. *ehehe

Terlepas ini settingan, beneran atau hanya candaan. Sepertinya lelucon atau prank macam ini bikin para bule jadi ketakutan. Bahkan banyak dari mereka yang enggan keluar rumah.

Tapi kalau aku tinggal di daerah para bule pun mungkin akan merasakan ketakutan yang sama, untung saja aku tinggal di Cigondaweh, jadi tidak perlu takut di teror clown


Clown sendiri pertama kali diperkenalkan melalui sebuah novel di tahun 1980an dan sejak saat itu karakter clown telah menghiasi topik-topik psikologi, kriminologi, serta misteri, baik novel, buku, maupun film. tapi dari semua jalan ceritanya, kebanyakan clown bersifat psikopat.

nah, kalau kalian berminat menonton film-film clown yang luar biasa horror. berikut aku kasih judul film Clown versi on the spot yang bisa kalian tonton:

Carnival of Souls (1998), The Clown at Midnight (1999), Camp Blood (2000), Killjoy (2000), S.I.C.K. (Serial Insane Clown Killer) (2003), Fear of Clowns (2004), Within the Woods (2005), Coulrophobia (2006), Secrets of the Clown (2007), 100 Tears (2007), Clownstrophobia (2009), The Last Circus (2010), Klown Kamp Massacre (2010), Gingerclown (2012), Stitches (2012), Sloppy the Psychotic (2012), Bongo: Killer Clown (2014) dan Clown (2014).

Tapi kalau kamu malas ngedownload film-film diatas, ga ada salahnya kalo kamu nonton video berikut saat clown meneror para bule. 



Beberpa waktu lalu aku sempat membaca salah satu tweet entah milik siapa, dalam tweetnya dia bertanya 

kira-kira clown sighting bakal ngehitz juga ga yah di Indonesia?”

Aku rasa tidak, dan aku harap ga akan pernah terjadi.

Sudah menjadi rahasia umum kalau orang Indonesia punya budaya latah. Ada trend PPAP ngikut, ada trend anu ngikut. Aku harap trend Clown sighting ini tidak akan pernah diikutin. walaupun untuk trend Hallowen sudah marak di Indonesia.

Clown Sighting selain bukan budaya luhur bangsa Indonesia juga merupakan budaya kafir yang ga cocok di tiru umat muslim.

Loh kok gitu ka ? emang kenapa ?

Gini ya dek, Pertama, ikut-ikutan budaya kafir semacam valentines day, april mop atau clown sighting seperti ini termasuk bentuk tasyabbuh. Dan tasyabbuh sangat dilarang dalam islam.
من تشبه بقوم فهو منهم
“Siapa yang meniru kebiasaan satu kaum maka dia termasuk bagian dari kaum tersebut.” (Hadis shahih riwayat Abu Daud)
Kedua, mengikuti hari raya mereka termasuk bentuk loyalitas dan menampakkan rasa cinta. Padahal Allah melarang kita untuk menjadikan mereka sebagai kekasih (memberikan loyalitas)

Ketiga, meskipun tidak ada unsur ritual peribadatan, perayaan orang kafir tidak boleh dimeriahkan orang mukmin.

Keempat, Silahkan tambahkan sendiri. tapi harus dampak yang jelek-jelek haha.




okelah segitu aja dulu pembahasan clown sighting yang bisa aku sampein secara sotoy. kurang lebihnya aku mohon maap yak.

sebagai penutup, aku mau kasih video pemburuan clown sighting yang dilakukan student-student bule diluar disana. heboh banget gila !!

Tapi kalo kalian mau liat clown sighting versi lainya bisa cari di twitter hastag #clownsighting atau #clownclownwhateverlah up to you lah.



sampe sini semua sudah paham yah, jadi jangan tanya-tanya lagi "apasih clown sighting itu?" apalagi sampe ditiru. pokoknya jangan !!

69 comments:

  1. Namanya badut nggak ada yang lucu atau enak di pandang ya kecuali kalau badut yang ada di karater film kartun disney sih hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di disney itu bukan badut tapi barbie , ehek

      Delete
  2. Wkwk biasanya berburu hantu ini berburu badut
    Iya sih ya antara lucu dan serem.. Dan.. Flat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa apa teh,
      yang diburukan sama-sama serem.
      asal jangan berburu cinta

      Delete
  3. kalo kayak gitu reme di indonesia, kasian aja badutbya... pasti ditimpukin warga tuh. njay

    ReplyDelete
  4. Entah kenapa, gue sama sekali tidak bisa menemukan apa yang lucu dari badut. Hahaha. Menurut gue, mereka lebih menyeramkan dari kecoa terbang yang pakai pakaian badut. (Lah?)

    Ya, semoga saja indonesia nggak ikut-ikutan beginian. Selain serem, buat apa? Hahaha. Mungkin bisa buat bahan di acara misteri saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecoa pake kostm badut ?
      damn ! Horror !

      Delete
  5. Kalau badutnya kaya gitu pasti anak2 bakal ketakutan, apalagi si badut dajjal itu bang.. wah bakal trauma bocah mah.. :D

    Sekilas kaya band kuburan bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan kan bocah gue aja trauma haha

      Delete
  6. Badutnya serem serem g da yg lucu
    Apalagi badut dajjal
    Badut tuh y kalo lucu dy pasti udah jadi komika

    ReplyDelete
  7. Gue nggak tahu kenapa bisa takut sama badut sejak kecil, mau gimanapun bentuknya gue tetep takut, yah namanya juga masih kecil.
    Emmm.. btw, untuk valentine day sih, gue udah tahu dilarang oleh agama Islam.. tapi soal badut-badutan (clown sighting) belum tau wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sekarang sudah tahu yah hukumnya gimana haha.
      itu fatwa sotoy gue sih

      Delete
  8. Eh itu kok gambar badut ya nomor 2 , kok diberi nama "Badut Dajjal" ? apa emang nama nya gitu ya ? soalnya dulu nih , waktu gue SMP sering banget badut itu mangkal dibawah fly over yang lagi di buat di kota gue di Samarinda , tepatnya di jalan .IR.JUANDA.

    Gue kaget banget waktu pertama ngeliat , lagipula menurut gue , itu muka badut nya nge betein banget deh , jadi gue kadang enggan ngeliatnya gitu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tau dah nama badutnya apaan.
      gue namain sendiri aja.

      Delete
    2. haha.. mas khairul bisa aja nih..

      Delete
    3. HA HA HA , agak aneh ya , nama buatannya ? :D . Tapi gak papa deh , yang penting posting :)

      Delete
  9. Ooooooohhhh <- ekspresi baru tahu tentang clown sighting hahaha.

    Kalau menurutku sendiri sih badut itu juga biasa-biasa saja. bahkan kalau aku ketemu badut malah sering kasihan sama orang yang dibalik badut tersebut, pasti mereka capek.

    Ah, nggak mungkinlah clown sighting hitz di Indonesia, soalnya kalah pamor sama kuntilanak, genderuwo, dkk. TApi bener juga apa katamu, kita sebagai umat muslim juga dilarang memperingati acara-acara seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang badut bisa bernilai positif bisa juga negatif :)

      Delete
  10. gue termasuk orang yg udah takut badut sejak kecil. Pas nonton video2 clown sightings sampe kebawa mimpi bangkai...

    feeling gue sih ini prank, lalu ya karena sekarang apa2 gampang viral, akhirnya nyebar ke seluruh wilayah amerika dan jadi clown panic :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman sekarang emang udah kebanyakan drama

      Delete
  11. Gue dari dulu gak pernah suka badut. Gak ada yg lucu dari dandanan begitu sih. Soal bakal booming di Indo, karena negata kita ini negara yg latah. Jadi kayaknya pasti rame, tapi mungkin cuman sesaat, selesi bulan oktober selesai juga badut2an ini. Semoga.

    ReplyDelete
  12. Kasian sama yg punya fobia badut...cuna ngebayangin aja kaya trend yg lg rame di luar sana ga banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. untungnya kita ga fobia yah :)
      .
      .
      kita ?

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Semoga yg kayak gini ga jadi trend di Indonesia. Ga usah ada badut pun, di Indonesia jalan malem-malem udah ngeri. Banyak begal, pocong, kuntilanak, sampai bencong. Ga usah ditambah-tabah badut segala, wew, stress aku hahaha. Btw foto-foto badut di atas serem banget ya, merinding gua liatnya...

    Kalo bisa para blogger jangan banyak mengekspos hal ini, nanti malah ditiruin sama para ababil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya tujuan gue bikin beginian emang sengaja buat di ekspost supaya jangan ampe ditiru.
      Tapi kalo emang amle ada yg niru gue angkat tanga

      Delete
  15. aku liat judulnya kok jadi takut badut ya. abis nyeremin.

    hha iya nih aku juga bingung sebenernya sama mereka, etapi masa sih karena mau mendekati halloween? hm

    alhamdulillah sih aku nggak pernah ngikut "merayakan" hehe

    ReplyDelete
  16. Sebuah karya novel menjadi inspirasi budaya. Ah tapi itu budaya yang bikin hati ketakutan. Mungkin niatnya ingin membuat lelucon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang lelucon ampe keterlaluan ya kang.
      bahkan ada loh yang ampe menimbulkan kematian :(

      Delete
  17. Itu mah serem menurutku. :( Badut yang asli aja serem, apalagi yang jadi2an. :(

    ReplyDelete
  18. Badut zaman sekarang udah melenceng dari tujuan semuala untuk menghibur, kasian anak kecil ya mas kalau badutnya menyeramkan, bukannya menghibur malah bikin trauma...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus kita harus apa ?
      demo memusnahkan badut di depan gedung MPR ?
      ehehek

      Delete
  19. Gue mah cukup tau aja tentang ini hahaha... kalo diIndonesia ada yang kayak gini mungkin seru ya, terus kolaborasi sama bencong dan begal. Halah.

    Kalo badut dijadiin tokoh horor, keknya kurang greget ya, adek gue justru suka badut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjay kolab ama bencong ?

      Kiamat sudah

      Delete
  20. Entah kenapa pas mau liat videonya langsung nggak jadi gara-gara liat penampakan kayak tengkorak... >_<

    Oh iya, kalau badut dajjal itu saya juga suka liat di lampu merah. dia pikir lucu kali padahal nggak... btw tau nggak kenapa badut itu di sebut badut dajjal??

    rekomendasi filmnya banyak banget, pengen nonton tapi takut, kayaknya dari film-filmnya horor semua ga ada yang lucu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngarang sendiri naman dajjal itu .
      abis ga tau mau namain paan ahaha

      Delete
    2. Yaaah... kirain ada alasannya kenapa itu namanya badut dajjal... ternyata namain sendiri... -_-

      Delete
  21. Ngeri juga ngeliat tampang badut begitu. Gue taunya film badut psikopat itu di film BATMAN. Joker itu badut kan ya :D, gayanya nyeleneh tapi kejam.

    Di tempat gue gak ada sih keknya yang merayakan hallowen, ntahlah karena gue yang gak mau jalan-jalan, atau memang gue gak perduli sama hal begituan. Gak ada manfaatnya menurut gue sih :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jalan jalan ditwitter deh.
      banyak banget loh poster poster yang ngadain hallowen gitu :(

      Delete
  22. Wawww kontennya bagus Leon. Dipi harus banyak berguru nulis nih sama Leon :).
    Menurut dipi, badut ga lucu, dan kyknya clown sighting klo dilakukan di Indonesia ga akan sesukses di barat sana, hantu versi kita lebih nyeremin... Heuheu. Makannya aja sate dan kerupuk #sundelbolongstory.
    Dipi ga mau nonton link videonya, maap ya, lagi hamil sih jadi sering amit2 jabang bayi... Wkwkwk.
    Siipp, dipi setuju ga usah ikut2 an yg aneh2. Budaya indonesia bnyak yg bagus2, mending sibukkan diri dgn ikut melestarikan budaya bangsa yg positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah aku gatau teh Dipi lagi hamil.
      moga ga ngidam badut ya teh.

      btw, konten aku masih belum bagus teh.
      masih ngerasa kayak ada yang kurang tapi apa gitu ya haha

      Delete
  23. kalau badut badutitu menampakkan dirinya ke hadapan mang admin, saya mah yakin justru badut-badut tersebut yang justru menjadi takut sampe badut-badut tersebut lari terbirit-birit sampe terkencing dicelana, gegara melihat penampakkan mang admin lebih lucu dan imut ketimbang mereka sendiri....eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. what ? aku lucu bin imut ?
      mata mang lembu kelilipan gajah ya ?

      Delete
  24. Wah badut ya ? Jad inget masa kecil kalau bahas badut mah sangat menakutkan apalagi badut kaya gini.

    Oh ya btw itu saya play videonya berlarian kaya gitu saya kira ada banjir bandang gitu :-)

    ReplyDelete
  25. Malah kasihan sama clown itu kalo sampe ngehits di indo, bukannya warga yg takut badut, malah badut yg takut sm warga.
    Udah tau warga indo super lucu, ada bom aja ditonton, apalagi cuma badut.
    Bukannya pada kabur ,malah pada ngajak selfie, wkkwk XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentar,
      gue lagi ngebayang bayangin ada clown lagi di ajak selfie.
      awkward moment banget.

      Delete
  26. Oh jadi badut yang mukanya ngeselin itu namanya bafut dajjal ahaha

    Aku gak suka badut dan selalu menghindar berdekatan dengan makhluk sejenisnya. Aku pernah punya pengalaman gak mengenakkan dengan makhluk sejenis ini soalnya. Jadi agak phobia. Gak hanya badut sih, pokoknya yang pake pake topeng, costplay gitu2 aku selalu menghindar. Bagiku mereka semacam mimpi buruk, jauh dari kata lucu. Sekalipun kostumnya tokoh kartun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadi kesimpulanya teteh kena fobia badut.
      haha selamat yaaa

      Delete
  27. Errrr... badutnya nggak ada lucu-lucu atau imut-imutnya -_- jatuhnya nyeremin ngets -_-

    ReplyDelete
  28. di indonesia sudah sangat nge tren kayanya.

    seperti clown mata tiga di atas kk.

    wkwkwk. suka jogad-joged kaga jelas di lampu merah atau di pusat macet.

    ReplyDelete
  29. Awalnya pemikiranku soal badut sama sih kayak kamu, flat aja. Badut itu nggak serem tapi nggak bisa dibilang lucu juga. Secara gitu ya, masih lucuan batita-batita gendut.

    Tapi ngeliat clown apalah namanya itu, jadi sedikit ngeri. Dengan dandanan yang lebih mirip badut berdarah dan mata yang melotot itu, mana bisa disebut badut.

    Yang aku nggak bisa bayangin, kayaknya seru sih ya kalo clown apalah namanya itu bisa diundang di acara-acara ulang tahun anak SD di Indonesia. Saingannya badut Mc. Donald mungkin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Badut mc. donald juga termasuk badut psikopat juga loh semacam clown apalah namanya itu ..

      Delete
  30. Berhubung aku penakut dan aku nggak mau ngambil risiko malam malam buta ngetukin kamar ibu kos karena takut bobo sendirian, jadi maaf banget, nggak ada video yang aku tonton ya. Tapi setuju sih soal ngggak ikut ikutan ngerayain Halloween.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu videonya tidak seram ko teh.
      coba aja di klik.
      dari pada penasaran.

      *tidak berhenti menghasut

      Delete
  31. Badut itu ga lucu tapi ga serem juga ya standarlah, kecuali kalau badutnya itu dengan kepala gede dan badan goyang-goyang, yup boneka mampang. Itu mah horror~

    ReplyDelete
  32. Sama sih flat aja kalau lihat badut. Tapi bener ya.. badut di luar sana sering banget digambarkan sebagai psiko ataupun tameng penyamasarn sang penjahat. *Kebanyakan nonton film thriller nih :D

    ReplyDelete
  33. Gila itu seram banget bisa bikin jantungan. Kalo ketemu gituan mungkin bakal ku tonjok tuh badut terus kabur haha.
    btw saran aja untuk blognya alangkah baiknya musiknya di non aktifkan saja :)

    ReplyDelete
  34. Ini kalo nggak dalam rangka halloween, bisa jadi campaign brand kosmetik.. Kalo badut kan pake kosmetik yak.. Hahaha.. Boro-boro deh ngerayain halloween, ultah juga ga dirayain gw mah.. :|

    ReplyDelete
  35. badutnya kuning kotak lagi jadi kaya spongebob :D
    dan dulu banyak tuh pengamen yang pake dandanan badut hehehee tapi sekarang udah ngga ada entah tahu kemana (?)
    rajin banget ya itu olahraga malem malem ada yang pake jeans segala -_-

    ReplyDelete
  36. Ahh..ternyata mirip, karena diriku trauma badut "teletubbies" kenapa? (gak ada yang nanya ya kk, gapapalah terlanjur nyampah) karena teletubbies di tipi itu bentuknya gendut bundar puffy gitu, sementara yang gue liat di daerah puncak dan sekitaran kalimalang (dalam waktu yg berbeda).. Badut itu.."KISUT" iya kisut, topeng teletubbies dengan kostum kedombrongan, membuat takut .. akhirnya trauma dan entah kenapa sampai sekarang (padahal udah tua gini) masih nangis kalo liat "teletubbies" (apapun bentuknya) ....
    kkkkkkkkk .. gue curcol di postingan orang (biarlah yaa)

    ReplyDelete
  37. Terima kasih atas informasinya yang sangat penting izin shared buat belajar di rumah

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search