JATUH CINTA PADA BLOG PERSONAL


Dulu waktu jaman-jamanya SMEA, aku seringkali dapet seabrek tugas dari guru. Aku pikir sekolah kejuruan akan lebih sedikit balajar dikelas dibanding prakteknya. Ternyata sama aja, mau belajar di kelas ataupun praktek keduanya sama-sama banyak.

Sampai akhirnya pada suatu hari yang sangat syahdu, aku mendapat tugas dari guru mandarin. Tugasnya simpel sih, hanya mencari 10 kebudayaan China lalu di buat makalah. Kenapa aku bilang mudah? . karna saat itu guru mandarin yang biasa aku panggil 老师 (laoshi) membolehkan setiap murid untuk mencari artikel lewat Syaikh Google, jadi tidak melulu lewat buku.

Saking mudahnya tugas ini, aku hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk berselancar di google. Setelah sukses di presentasikan di depan kelas tiba-tiba aku heran sama google, kenapa setiap informasi yang aku cari di google selalu tersedia ? apa kah google sepintar itu? Apakah google sudah bersuami ?.

Dari rasa penasaran ini akhirnya aku mencoba mencari tahu fakta tersembunyi dibalik google. Dan akhirnya aku menarik kesimpulan bahwa yang pintar sebenarnya bukan google, tapi para penyedia konten. Para penyedia Konten ini biasa kita kenal dengan website atau blogger (eh gue bener ga sih?).

Dari sini aku jadi penasaran dengan dunia web dan blog. Aku pikir akan lebih asik kalau aku bisa jadi blogger.  Aku ga mau terus-terusan jadi penikmat tapi juga memberikan informasi kepada orang lain. Bayangkan kalau tulisan-tulisan bermanfaat kita di blog bisa dibaca oleh ribuan manusia? Maka kita akan dapat berlipat-lipat pahala kebaikan kan ?. Makanya kamu jangan suka nyebar sesuatu yang ‘berlendir’ di Internet, nanti kalo ‘lendiran’ kamu dilihat oleh ribuan pasang mata bisa-bisa kamu dapet berlipat-lipat dosanya men. Kamu taukan apa yang aku maksud ‘lendiran?”.



Setiap pulang sekolah seringkali aku mampir ke Warnet, aku belajar mencari tahu apakah itu blog ? bagaimana aku memiliki sebuah Blog ? bagaimana caranya agar Blog aku bisa muncul di google seperti halnya aku mencari artikel dan yang selalu muncul blog si fulan ?.

Dari rasa penasaran ini akhirnya jadwal ngewarnet aku semakin membabi buta, tiap sekolah aku ngewarnet, setiap kali nemu warnet yang baru dibangun deket rumah aku jadi orang pertama yang main disitu, dan setiap kali aku telat masuk gerbang sekolah lalu di usir untuk belajar dirumah, aku tidak lagi merasa sedih, justru sebaliknya aku gembira. karna aku bisa pergi ke warnet. Yap, belajar diwarnet lebih mengasyikkan, sumpah deh. Sampe aku pernah dijuluki ‘Binatang warnet.’

Karna seringnya aku silaturahim ke warnet, akhirnya aku sedikit tahu seluk beluk blog. Lalu aku mencoba membuat sebuah blog dengan genre yang sangat tidak jelas. Jangankan para pengunjung, aku sendiripun ga ngerti blog aku isinya apaan.

Bahkan hampir tiap bulan aku selalu merubah nama blog beserta Templatenya. Aku seringkali tidak pernah puas dengan tampilan blogku. Kalo diinget-inget tampilan blogku pas jaman jahiliah katro gila. Hampir setiap sudut ada animasi kedap-kedipnya gitu, pernah ada sapi terbangnya juga kayak sinetron indosiar yang sangat melegenda, Sumpah sih alay banget. Bahkan semua entry yang aku post kebanyakan Copas dari blog orang, setiap ada tugas di sekolah pasti aku masukin di blog, bahkan aku menjadikan blog layaknya facebook, Menguploud semua foto yang aku punya dengan harapan foto-fotoku bisa terdeteksi di google image. Karna postingan-postingan blogku yang ga karuan itu akhirnya jadilah koko crunch. Apasih.

Tahun demi tahun akhirnya aku mulai mengerti esensi sebuah blog, aku mulai mengerti genre-genre setiap blog. Dari mulai blog kesehatan, blog tutorial sampe blog personal seperti yang kamu baca saat ini. pokokny genre blog itu banyak banget men.

Jujur, aku mulai menulis blog personal pada tahun 2015 kemarin. Aku pikir genre blog personal itu memiliki sebuah keunikan tersendiri. Setiap kali membaca blog persolan milik orang lain aku selalu menemukan sebuah ketulusan di tulisanya. Kayak ada sweet-sweetnya gitu.

Aku suka sekali Membaca cerita absurb setiap Blogger, membaca lelucon kehidupanya, membaca hal-hal yang sangat tidak penting, bahkan membaca hal-hal yang tidak seharusnya tidak aku baca. Tapi terlepas dari itu semua, blog personal tetap mengasyikkan.

So, aku memutuskan untuk gabung disebuah komunitas Blog Personal yang baru-baru ini aku tahu, yaitu Blogger Energy. Mungkin buat kamu yang sudah terdaftar di  komunitas ini sudah tahu lah ya persyaratan masuk komunitas ini. salah satunya buat tulisan seperti yang kamu baca saat ini.

Sebenarnya banyak banget komunitas-komunitas blogger. Tapi komunitas Blogger Energy yang aku pilih. soalnya ga sembarang orang bisa masuk komunitas ini, di seleksi terlebih dahulu. ini yang membuat aku suka dengan blogger energy.

Jadi itulah pengalamanku bergelut di dunia blog sampe memutuskan untuk jadi seorang personal blogger. Sebenarnya aku punya beberapa blog lagi dengan konten-konten yang aku kuasai. Tapi tetap blog personal inilah yang jadi favorite ku.

Btw, Jangan bosen-bosen yah mampir dimari, InsyaAllah aku bakal istiqomah ngepost tiap hari jum’at dan senin.


Nah, kalau blog kamu gimana ?

28 comments:

  1. Baru tahu ada yang namanya blogger energy, url-nya mana kang, penasaran saya...

    ReplyDelete
  2. Wah barusan mau masuk BE? Semoga segera diapprove deh.
    SMK banyak prakteknya mah omong kosong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMK aku banyak prakteknya tapi, asli deh

      Delete
  3. hahaa.. itu sama kayak aku waktu SMA heran sama google kok mau nyari ada aja di google, setelah lulus jadi buat blog. blognya pun gak jelas sampe sekarang juga.

    he em itu paling enak baca blog personal baca tulisan yang kadang gak jelas, lucu, alay, cerita keseharian.
    lha ternyata sama aja tah praktek sama teori, kalo SMA kan teori semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata Temenku yang di SMA, pelajaran disekolahnya lebih banyak praktek daripada teorinya,
      Terkadang aku bingung ..

      Delete
  4. Gue dulu awal punya blog juga gitu bro, sering gonta-ganti template. Padahal template cuman visualnya doang, yang bikin asik sebenernya kan konten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro betul gue aja baru tersadarkan akhir-kahir ini,
      alhamdulillah Allah memberi petunjuk ..

      Delete
  5. wahahhah :D
    memang sudah seharusnya blog personal berisi tulisan yang tulus dan jujur, kangen deh nulis dengan begitu tulusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi selama ini kamu ga jujur dan tulus sama aku ? *eh

      Delete
  6. "Aku sendiripun ga ngerti blog aku isinya apaan" astaghfirullah ngakak banget x)))))) bukan ngetawain kamu. Maksudnya akupun ikut merasakan. Aku punya blog isinya apaan ya? Ampun dahhhh x)))))
    Acieeee blogger personal :) ceritanya lagi nunggu di-approve sama BE? Goodluck ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyeh lagi nunggu nih,..
      di aprove tanggal sembilanan katanya.
      moga aja bisa ketemu 'sesuatu' yang baru disana :)

      Delete
  7. kalau blog saya termasuk genre yang mana atuh ih...soalnya dibilang genre personal bukan, dibilang blog Desa juga bukan...saya malah bingung sendiri blog saya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bisa merasakan apa yang mang lembu rasakan muehe ..

      Delete
  8. lagi merencanakan bikin blog pribadi juga setelah membaca posting ini..., ternyata baru tahu kalo ada komunitasnya..., coba cek tekape blogger energy biar tambah paham...., hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaay ada satu makhluk yang kehasut ..
      moga makin banyak blog personal deh ya muehe

      Delete
  9. Nggak heran sih
    Jadi personal blogger emang emang lebih memuaskan jiwa raga drpd sekedar nyediain konten buat di copy paste orang karena bernilai bagus dimata SEO wkwk

    "Sharing is healing" -unknown-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah ga nyari informasi tapi setiap website tulisanya sama ?
      kebanyak bukan dari web personal itu.
      "unknown"

      Delete
  10. Masih untung ke warnet main blog biasanya orang kewarnet main facebook atau game.
    Blog melatih menulis dan memperlancar berbicara didepan umum.
    Pertama ngeblog orang memang lebih condong ke tampilan template. Akan berusaha memberi aneka pernak pernik templatenya. Tapi lambat laun akan mengeri apa itu blog, selanjutnya akan lebih focus menulis. Dan tampilan template sangat sederhana yang penting responsove dan loading cepat biar pengunjung banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooow makasih kang sudah menyimpulkan pembahasanku.
      bagi yang malas baca panjang-panjang yo silahkan baca kesimpulan dari mas jangkaru saja ya muehe ..

      Delete
  11. Hai salam kenal, aku juga BE tapi udah bertahun-tahun yang lalu hehe
    semoga betah ya di BE, rajin-rajin promo wkkw

    di tunggu kunjungannya di simatakodok.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow ada pendatang baru.
      jangan bosen-bosen yak main dimari.
      sekarang ane mau mampir ke rumah teteh dulu deng ..

      Delete
  12. Nak, udah minum obat kan?

    Kok kayaknya agak gesrek yah, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga merasa ada yang gesrek.
      ternyata kamu merasakan apa yang aku rasa.

      Delete
  13. Aku juga suka ma blog personal, walau saat ini juga ada beberapa blog yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah teh anis mau blog jenis apa juga tetep aja keren :(

      Delete
  14. Oh aku juga ikut komunitas blog lho... lain kali bisa aku sharing juga deh sama temen temen... Aku juga mau deh masuk ke komunitas blog energy kali aja nambah energy dari pada minum energen gak nambah2 semnagatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow ada juga yang kehasut buat ke BE nih muehe
      moga di accept ya bang tanggal 9 besok.
      Ntap !!

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search