MENGAPA ADA RENGGINANG ? | KHAIRULLEON.COM

MENGAPA ADA RENGGINANG ?



"Masih tentang lebaran"

Rengginang, sesosok makhluk elok nan menggoda. siapa pula yang tak tahu makanan yang satu ini ? Dan ane yakin 99.9%  dari kita pasti pernah memakan rengginang. Atau seenggaknya kita pernah grapa-grepe tubuh eksotis rengginang.

Definisi rengginang secara terminologi:
Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak.Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.


Mengapa ane ngebahas tentang rengginang ? apakah yang telah dilakukan rengginang ? apakah rengginang sudah mendapatkan THR ? ..

Mungkin ane salah satu dari sekian ribu umat manusia  yang merasa tertipu dengan rengginang, salah satunya adalah fenomena kaleng khong guan berisi rengginang. sebagai seorang bujang yang sama sekali tidak mendapatkan THR tanpa alasan yang jelas ane merasa teraniaya. Terutama di suasana lebaran yang masih anget ini. Bayangkan, sudah dua kali ane terjebak tipu muslihat rengginang. Pertama sewaktu silaturahim kerumah tetangga, ane dapati satu kaleng Tango berisi Rengginang.  Kedua dirumah ane sendiri terdapat 8 kaleng dengan variasi merek yang berbeda tapi dengan isi yang sama, Rengginang.
Bayangkan men 8 kaleng !!!

dari kejadian ini, ane ga bisa tinggal diam. ini merupakan bentuk ‘kejahatan’ yang harus ditindak lanjuti. Ane ga mau kejadian ini dialami oleh orang lain, sudah cukup ane aja yang tersakiti.

----------------------
Kemaren pas pulang dari mudik emak ane nawarin makanan buat di timbun di kosan.

Emak: “Rul. Mau bawa makanan apa buat di kostan ?”
Ane: “makanan apa aja mah yang ga ada di Mall Alfamart”
Emak: ‘kresek, kresek’ (nimbun makanan ke plastik lalu di kasih ke ane)
Ane : “Apaan ni mah ?” Tanya ane dengan gantengnya
Emak: “Udah bawa aja, temen kostan pasti banyak yang suka” (Supaya urusan cepet beres, akhirnya ane ‘Iya’in saja)

Alhasil, Pas kemaren di cek di kosan, tenyata isinya rempah-rempah nastar, kacang goreng dan RENGGINANG HITAM !! Kelar Hidup ane !


Aniwei, pelajaran yang bisa kita petik dari rengginang adalah, bahwa kita harus mensyukuri segala jenis  makanan yang ada di muka bumi. Tapi kalo ada makanan yang tidak kita sukai, kita ga berhak menghina makanan tersebut. Contoh kasus :

Si A : “lah ini coklat kaya tai lotok”
Si B : “Makanan apaan nih asem banget kayak ketek” (Sayur Asem)
Si C : “ini beneran rengginang ? ko kayak eeq si anu ?”

Hal yang harus kita lakukan Kalo kita nemu orang ga berotak kayak gini adalah :
1. Berikan hadist ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ مَا عَابَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَعَامًا قَطُّ 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mencela makanan sama sekali. [HR al-Bukhâri dan Muslim].

Berbeda dengan makanan haram, beliau melancarkan celaan padanya. Bahkan melarang mengkonsumsinya. Apabila makanan yang dihidangkan beliau sukai, maka beliau menyantapnya. Sedangkan sikap beliau saat menghadapai jamuan yang tidak menarik hati, beliau tidak menjamahnya dengan tanpa mengeluarkan komentar miring apapun terhadapnya.


2. Yakinkan pada orang itu bahwa Indonesia punya seabrek kuliner  yang ga boleh disia-siakan (terutama rengginang). Apa lagi buat kita yang masih berjiwa muda, ga ada salahnya loh icip-icip semua makanan yang ada di Dunia. Soalnya kalo kita udah tua nanti kita ga akan bisa makan-makanan secara bebas. Karna pasti banyak makanan yang pantang kita makan karena kondisi kesehatan kita. Jadi kalo nemu makanan di jalan, comot aja jangan pake mikir.

3. Kalo di bungkusin Rengginang oleh emak kalian, terimalah dengan senang hati. karna ga selamanya rengginang itu mengecewakan.

Jadi, sekarang bagaimana hubungan ente dengan rengginang ?. atau ente punya hubungan lain selain rengginang ? yuk nostalgia lebaran ..




36 comments

ingat pas waktu ke rumah sodara di kasih kue kaleng kong guan eh ternyata isinya renginang. sue dah

Reply

walaupun gitu rengginang tetap jadi primadona, terutama enak bangt disantap ketika habis di goreng

Reply

haha sering juga tuh kejadian dirumah, waaah ada toples biskuit eeeh pas dibuka isinya cuma kelereng

Reply

Yoi.. kalo lebaran emang suka gitu bang.. heheh.. kayaknya hampir setiap tahun ada kejadian kayak gini di rumah :p kwkwk

Reply

penipuan :D
selalu aja begitu toplesnya kue eh isinya rengginang :v

Reply

Ehm. Eh entar coba, yang bener tuh Rangginang atau Rengginang? Ihi.
Itu, definisinya Rangginangnya kamu nggak maling di google, kan? Heu.
Lagian Rangginang nggak kalah enaknya kok sama tempat kaleng yang tertera namanya. Heu.

Reply

teru setory :v

Reply

kalo Makanan lain udah pada abis, rengginang akan enak dengan sendirinya .

Reply

NGAPA JADI KELERENG HA !!

Reply

Selamat 'ditipu'

Reply

haha kaga tau dah,,
enakan Rengginang nyebutnya ..

Reply

Lah, ini makanan enak menurut gue. Yakali sampe dibilang eeq. :))

Reply

lah emang enak banget gan ..
Ga tau dah tuh orang, gelo kali ..

Reply

Bener banget, malahan baru kemaren ane strike dapet rengginang haha
makasih gan udah berkunjung ke blog ane, btw blognya cakep.. anak dkv ya? :D

Reply

Tuhkan ada lagi yang bilang ane anak DKV --
Coba deh baca postingan ane sebelumnya, siapa tau dapet pencerahan ehehew

Reply

Rengginang itu makanan PHP yah mas wkwkw :v

Reply

Yang gue tau kriuk rengginang ngalahin kriuknya mie sedap.

Reply

wkwkwkw. Beberapa tahun bekalangan ini gue sudah tidak dapat zonk rengginang lagi.
Sengaja mengindar karena takut akan godaan rengginang satu toles itu. Takut khilaf dihabiskan sendirian.

hmm.. Tapi, jadi kangen juga masa-masa dapat zonk seperti itu. :(

Reply

Apa salahnya tuh rengginang..sampe dibuatin postingan dan di cela...
#mengheningkancipta

Reply

Hmm.. Kalau rengginang di rumah gua kenapa nggak di taruh di kaleng biskuit, ya, tapi malah tetep di taruh dalam plastik?

Reply

Rengginang = PHP ?
Ngahaha definisi Baru

Reply

Iya saya rengginang ,, ada apa ?

Reply

Sialnya gue ga tau ..

Reply

tuhkan sehati .. Semoga kita dipertemukan oleh masa itu lagi ,,

Reply

Waktu itu sempet jadi trending topic seantreo anak kos..
entah kenapa gatel aja pengen nulis biograpi rengginang ,,

Reply

PASTI ADA YANG GA BERES .. ENTE HARUS CEPAT BERTINDAK !!

Reply

Terima kasih buat informasinya, semoga kita semua selalu ada dalam keberkahan

Reply

iya amin,
tapi dimana letak informasinya ? haha okelah

Reply

Infonya bagus banget

Reply

Akhirnya ada juga yang bilang ini info ,,

Reply

Apapun warnanya, apapun wadahnya, rengginang tetep enak di lidah gue. Apalagi rengginang patolo :v

Reply

Hah Patolo ?
Cobaan apa lagi ini !!

Reply

Saya ucapkan nuhun pisan

Reply

Post a Comment

Selamat datang di Khairulleon Blog.
Sering-sering mampir dan berkomentar yah.
Karna komentar kalian menjadi energi untukku terus ngeblog.
Tenang, aku pasti mampir balik ko.

Follow juga Instagram, twitter and ask.fm @khairulleon

TONTON VIDEO TERBARUKU :)